Web Dinas Kesehatan Propinsi/Kab/Kota

Keberadaan situs web pemerintah sudah tidak asing lagi di masyarakat terutama di kalangan pengguna Internet. Hal ini memang terkait dengan kebijakan pemerintah dalam menerapkan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik atau dikenal dengan nama e-government (e-gov) yang didasari oleh INPRES No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Selanjutnya Depkominfo, mengeluarkan panduan pembanghunan infrastruktur portal pemerintah dan panduan penyelenggaraan situs web pemerintah daerah. Namun dalam perkembangannya, situs web pemerintah secara kualitatif dan kuantitatif belum terasa manfaatnya oleh masyarakat.
Website pemerintah bidang kesehatan yang digawangi oleh Departemen Kesehatan, juga menempatkan isu ini sebagai bagian dalam pengembangan Sistem Informasi Kesehatan yang terintegrasi. Upaya ini dapat terlihat jelas dengan program Sistem Informasi Kesehatan Nasional Online (SIKNAS-Online), yang membangun jaringan ini secara online di hampir semua kab.kota di seluruh indonesia. Program ini diharapkan menjadi media komunikasi data yang terintegrasi antara daerah dengan pusat maupun antar daerah tukar-menukar data antar unit kesehatan. Jaringan ini juga, membuka peluang bagi daerah dalam mengembangkan situs website dinas kesehatan baik tingkat propinsi, kabupaten dan kota. Beberapa dinas kesehatan prop/kab/kota telah memiliki situs website dinas kesehatan antara lain:
Dinas Kesehatan Propinsi (DKI Jakarta, Jogjakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan).
Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota antara lain : (Nunukan-Kaltim, Tanjab Barat-Jambi, Balikpapan-Kaltim, Sleman-Jogjakarta, Rejang Lebong-Bengkulu, Surabaya-Jatim, Purworejo-Jateng, Ngawi-Jatim, Kebumen-Jateng, Bonebolanga-Gorontalo, Bondowoso-Jatim dan Denpasar-Bali)

3 Tanggapan to “Web Dinas Kesehatan Propinsi/Kab/Kota”


  1. 1 dtRS Maret 5, 2008 pukul 1:05 pm

    suatu kemajuan yg bagus buat bangsa indonesia, tapi sayang klo di bandingkan dengan negara lain, indonesia dalam segi teknologi memang masih sangat tertinggal…

  2. 2 emyou Maret 6, 2008 pukul 3:04 am

    wah… Kota kecil saya belum punya….


Tinggalkan komentar




Kategori

Top Clicks

  • Tidak ada
Maret 2008
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

RSS WHO

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Kompas

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Info Lowongan BUMN

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Anda Pengunjung Ke

  • 80.720 hits