Archive for the 'Umum' Category

Lama Tidak Menulis

Beberapa waktu yang lewat, saya membaca salah satu media yang mengupas ‘bloger’. Eh..baru nyadar ternyata saya punya blog dan ternyata udah lama ngak di update. Wah….kemana aja? Memang, situasi baru, kantor baru, jauh lagi dari keramaian ternyata ngaruh juga sama isi blog. Belum lagi kondisi kantor yang lagi mumet jelang PP 41. Semuanya serba abu-abu. Tidak bisa memang dipungkiri bahwa dampak perpindahan kantor yang lumayan jauh dari pusat kota PLUS implementasi struktur organisasi baru sangat mempengaruhi kinerja pegawai. Tidak salah kalo Gibson (1996) dalam bukunya mengatakan bahwa Kinerja pegawai salah satunya dipengaruhi oleh lingkungan kerja(struktur organisasi, desain pekerjaan, kebijakan, aturan-aturan, penghargaan, dan sanksi serta sumber daya). Jadi, sekarang tinggal mencari solusinya. Termasuk, solusi gimana warna yang abu-abu tidak abu-abu lagi? Caranya gimana ya???

Penerimaan CPNS Pemkab Simalungun Tahun 2008

Pemkab Simalungun untuk penerimaan CPNS formasi tahun 2008 ini menerima sejumlah 322 orang Alokasi formasi, lowongan jabatan dan kualifikasi pendidikan yang akan diterima terdiri:
1. Tenaga guru sebanyak 220 orang terdiri dari guru Sekolah Dasar (SD) berjumlah l50 orang dengan kualifikasi pendidikan terdiri dari PGSD, Penjaskes, PAI dan PAK.
2. Formasi guru SMP sebanyak 50 orang dengan kualifikasi pendidikan terdiri dari S1/ A IV jurusan sejarah, geografi, ekonomi, seni, biologi dan fisika.
3. Guru SMA sebanyak 20 orang dsngan kualifikasi pendidikan S1 /AIV pendidikan sosiologi, geografika, biologi dan fisika.
4. Tenaga Kesehatan berjumlah 64 orang dengan jenjang pendidikan, Dokter Spesialis, Dokter Umum, Dokter Gigi, Apoteker S1, Keperawatan S1/D.III, Kebidanan D.III, Perawat Gigi D.III, Penata Gizi D.III, Sanitarian D.III dan Asisten Apoteker SAA/SMF.
5. Tenaga tehnis lainnya berjumlah 48 orang dengan jenjang pendidikan S1 Ekonomi Akuntan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pariwisata, Hukum Keperdataan, Administrasi Negara,Tehnik Planologi, Teknik Konstruksi, Teknik Lingkungan, Pertanian Hama/Penyakit Tanaman, Pertanian tehnologi, Budi Daya Perikanan dan Budi Daya Peternakan, Komputer sedangkan untuk DIII jurusan Akuntansi dan Perpajakan (http://www.analisadaily.com)
Pendaftaran pelamar dimulai mulai tanggal 20 nopember s/d 05 Desember 2008 di BKD Pemkab Simalungun Pamatang Raya. Sedangkan ujian dilaksanakan pada tanggal 16 desember 2008.
Bagi yang sudah mendaftar, persiapkan diri berlatih dengan mengerjakan soal-soal CPNS yang lalu maupun soal-soal yang identik dengan soal-soal CPNS. Berikut link-link soal-soal CPNS yang bisa di download gratis:
1. Akhdian
2. Lowongan
3. Soal CPNS
4. Hanif-UGM
5. CPNS-Low
6. Sadikin.Net

Rencana Penerimaan CPNS Pemkab Simalungun

Kalo tidak ada aral melintang, Pemerintah Kabupaten Simalungun Akan Menerima Calon Pegawai Negari Sipil (CPNS). Deputy SDM Menpan Drs Ramli E Naibaho, Jumat (8/8) menyebutkan, tahun 2008 pemerintah akan menerima 300. 000 CPNS, di antaranya lebih kurang 200 orang jatah Kabupaten Simalungun. Penerimaan CPNS diharapkan dilaksanakan sesuai dengan PP nomor 9 tahun 2003 dan PP nomor 97 tahun 2000. Menyinggung tenaga honorer lebih kurang 500 orang belum diangkat di Pemkab Simalungun dikatakan tahun 2008 akan diangkat 50% dan sisanya akan diangkat tahun 2009. Sehingga tahun 2008 ini, pemerintah akan menerima 450 CPNS khusus untuk kabupaten Simalungun yaitu sekira 250 orang dari honorer dan 200 orang dari umum (Hariansib:10.08.’08). Dibandingkan tahun 2007 yang hanya menerima CPNS dalam jumlah puluhan, jumlah CPNS yang diterima tahun ini memang mengalami peningkatan jumlah yang signifikan. Bagi para putra-putri khususnya masyarakat Simalungun, yang berminat menjadi PNS mari siapkan diri untuk mengikuti seleksinya. Kita tunggu formasi yang dibutuhkan oleh Pemkab Simalungun, dan kita berharap seleksi kelak selektif, berkualitas dan benar-benar bebas dari KKN, sehingga bagi masyarakat yang kurang mampu, mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS dengan masyarakat yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Untuk informasi selanjutnya, mari kita tunggu.

Mari Pindah Kantor

Bulan juni, jadi bulan terpenting dalam perpindahan Instansi Pemerintahan Pemkab Simalungun. Bagaimana tidak sepanjang juni 2008, seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) sibuk beres-beres, angkat-angkat barang, bersih-bersih kantor baru di Raya. Tidak terkecuali Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, sejak awal sudah menjadi instansi pertama dengan semangat menggebu-gebu untuk pindah ke Raya. Khususnya saya, tidak ada alasan untuk tidak mendukung perpindahan ini karena Raya adalah tempatku dilahirkan dan tempatku dibesarkan. Secara adat Simalungun, Kantor Pemkab Simalungun telah diresmikan pada hari senin, 23 Juni 2008. Pesta rakyat dihadiri oleh para tokoh Simalungun termasuk para petinggi Pemerintah Kabupaten Simalungun. Ribuan masyarakat dari seluruh Kabupaten Simalungun tumpah ruah menyaksikan peresmian perkantoran Pemkab Simalungun. Satu inti peresmian secara adat simalungun bahwa masyarakat simalungun merasa bangga mempunyai pusat pemerintahan yang cukup strategis di Pematang Raya, yang merupakan pusat kebudayaan Simalungun. Tinggal bagaimana masyarakat dan pemerintah bahu membahu untuk memajukan Kabupaten Simalungun. Satu momen lagi yang ditunggu, peresmian perkantoran secara formal oleh Presiden SBY pada tanggal 14 juli 2008. Berharap, kehadiran Presiden tentunya harus dipersiapkan secara matang, khususnya kesiapan semua infrastruktur dan pendukungnya.
Untuk sementara waktu, pekerjaan kantor masih dalam proses peralihan. Beberapa pekerjaan kantor masih dikerjakan di kantor lama di Jln Asahan Pem. Siantar, mengingat masih ada infrastruktur yang masih dalam pembenahan (instalasi PLN, PAM). Dapat dimaklumi bahwa proses perpindahan ini membutuhkan waktu yang tidak singkat, khususnya kesiapan para pegawai yang mayoritas bertempat tinggal di Pematang Siantar untuk menyiapkan hati secara utuh untuk bertugas dikantor yang baru. Bagi Pemkab Simalungun, merupakan satu tantangan bagaimana mempercepat realisasi pembangunan perumahan untuk pegawai yang sedianya sudah dirancang.


PUSING

Sudah hampir 2 minggu, jari-jariku nganggur, otak-ku adem-adem tak menentu karena laptop kesayanganku lagi “ngambek”. Coba kotak-katik sedikit (karena ngak ahli juga) tak jua menyelesaikan masalah. Akhirnya “reparasi’ menjadi pelabuhan terakhirnya. Memang, sudah kuduga bakal masalah adalah hardisk. Hardisk tak terselamatkan, dan data-datakupun melayang. Huuuh…rasanya kehilangan data lebih menderita dari kehilangan laptopnya. Data kantor, data pribadi, tulisan hasil buah-buah pemikiran (walaupun belum ada apa-apanya, tapi senang karena keluar dari isi hati sendiri) dan data lain tinggal kenangan. Penyesalan emang selalu datang telat, seandainya rajin back up data mungkin hanya pusing mikirin biaya perbaiki laptopya. Apa mau dikata, sampe saat ini notebook saya masih mangkal ditoko. Nunggu hardisk dipesan, soalnya di kota-ku ngak selengkap dijogja kota yang penuh KENANGAN tempat dulu laptopku zirex-ku dibeli. Tak kupungkiri notebook ini yang sangat membantuku menyelesaikan perkuliahan di Kota Gudeg. Mau ganti terasa sayang (karena ngak punya duit juga). Yah…apa boleh buat, saya setia menunggu sampai zirex-ku bagus kembali. Hari-hariku akhirnya hanya menggunakan PC kantor untuk memfungsikan otak yang lagi nganggur sambil ngerjakan tugas rutinitas kantor. Karena kebetulan sebagai pengelola SIK, bisa memanfaatkan jaringan internet free dari pusdatin untuk komunikasi data secara online (memang dikhususkan untuk itu), dan tentunya sekalian bisa digunakan untuk browsing cari info, download (walaupun jarang berhasil), ngeposting dan chating dengan teman-teman dari seluruh kab/kota. Lumayan juga, bisa memaksa untuk bertahan dikantor. Setia didepan PC walau akhirnya harus pake kacamata minus. It’ OK. Tidak Masalah, semoga zirex-ku cepat kembali.

Pemindahan Ibukota Kabupaten Simalungun

Jika tidak ada aral melintang, pusat ibukota Kabupaten Simalungun pada bulan juni 2008 akan resmi mengalami perpindahan dari Pematang Siantar ke Pematang Raya sesuai dengan PP No 70/1999 tentang penetapan ibu kota Kabupaten Simalungun. Butuh waktu hampir 9 tahun terhitung sejak diundangkannya proses pemindahan ibukota tersebut menjadi kenyataan. Walaupun faktanya proses pemindahannya belum berlangsung saat ini. Rencana awal, proses pemindahan akan direalisasikan pada april 2008, namun mengingat proses PILKADA GUBSU berlangsung pada 16 april 2008, akhirnya dimundurkan pada bulan juni tahun ini. Namun demikian Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM dalam beberapa pernyataan di berbagai media massa meyakinkan masyarakat bahwa finalisasi proses pemindahan ibukota Kabupaten Simalungun paling lambat bulan juni tahun 2008. Perencanaan ini sepertinya sudah matang mengingat Pemerintah Kabupaten Simalungun telah melayangkan permohonan kepada Presiden RI ‘SBY’ untuk bersedia meresmikan Pusat Pemerintahan yang baru di Pematang Raya. Sebagai warga Simalungun saya merasa bangga memiliki pusat pemerintahan yang cukup megah dengan konsep perkantoran yang tersentralisasi dan merupakan pusat perkantoran yang termasuk paling OK khususnya di seluruh kabupaten/kota di Propinsi Sumatera Utara. Saya yakin seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun menyambut baik proses pemindahan ini, dengan catatan bahwa pelayanan pemerintah kepada masyarakat tentunya mempunyai KONSEP BARU:”Pelayanan Prima, Mengutamakan Kepentingan Masyarakat dan Bekerja Dengan Hati” sehingga mempu mengembalikan citra positif pemerintahan yang selama ini identik dengan “KKN”. Pemerintah juga diharapkan memiliki komitmen untuk membangun perekonomian khususnya di Ibukota Kabupaten yang baru. Memang, butuh pengorbanan yang tidak sedikit dalam proses pemindahan ini, terutama pegawai pemerintahan yang hampir mayoritas berdomisili di wilayah Pematang Siantar. Jarak Pematang Siantar ke Pematang Raya sekitar 30 km, sehingga butuh waktu 30-45 menit untuk sampai di Pematang Raya. Kondisi ini tentunya sangat mempengaruhi mobilitas pegawai yang bersangkutan sehingga secara langsung juga akan sangat mempengaruhi tingkat kehadiran pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Namun, tentunya dalam hal ini pemerintah daerah telah mempunyai pemikiran yang matang dalam membuat payung kebijakan sehingga proses pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Karena apapun namanya, untuk menjadi lebih baik tentunya ada yang harus dikorbankan. Mari kita dukung RAYA menjadi ibukota Kabupaten Simalungun. Jadi Ma Hita Jadi Tuan I Rumah Sandiri.

Seleksi CPNS Depkes RI

Departemen Kesehatan RI Kembali Membuka Kesempatan Untuk Diangkat Menjadi CPNS Departemen Kesehatan dan Ditempatkan Dibeberapa Daerah. Pendaftaran seleksi dimulai tanggal 12 sampai dengan 22 November 2007 dan Ujian Tulis akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2007. Informasi Selengkapnya Di www.depkes.go.id


Kategori

Top Clicks

  • Tidak ada
Juni 2017
S S R K J S M
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

RSS Kompas

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Info Lowongan BUMN

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Galeri Foto

Seminar

Lebih Banyak Foto

Anda Pengunjung Ke

  • 77,504 hits