Pemindahan Ibukota Kabupaten Simalungun

Jika tidak ada aral melintang, pusat ibukota Kabupaten Simalungun pada bulan juni 2008 akan resmi mengalami perpindahan dari Pematang Siantar ke Pematang Raya sesuai dengan PP No 70/1999 tentang penetapan ibu kota Kabupaten Simalungun. Butuh waktu hampir 9 tahun terhitung sejak diundangkannya proses pemindahan ibukota tersebut menjadi kenyataan. Walaupun faktanya proses pemindahannya belum berlangsung saat ini. Rencana awal, proses pemindahan akan direalisasikan pada april 2008, namun mengingat proses PILKADA GUBSU berlangsung pada 16 april 2008, akhirnya dimundurkan pada bulan juni tahun ini. Namun demikian Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM dalam beberapa pernyataan di berbagai media massa meyakinkan masyarakat bahwa finalisasi proses pemindahan ibukota Kabupaten Simalungun paling lambat bulan juni tahun 2008. Perencanaan ini sepertinya sudah matang mengingat Pemerintah Kabupaten Simalungun telah melayangkan permohonan kepada Presiden RI ‘SBY’ untuk bersedia meresmikan Pusat Pemerintahan yang baru di Pematang Raya. Sebagai warga Simalungun saya merasa bangga memiliki pusat pemerintahan yang cukup megah dengan konsep perkantoran yang tersentralisasi dan merupakan pusat perkantoran yang termasuk paling OK khususnya di seluruh kabupaten/kota di Propinsi Sumatera Utara. Saya yakin seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun menyambut baik proses pemindahan ini, dengan catatan bahwa pelayanan pemerintah kepada masyarakat tentunya mempunyai KONSEP BARU:”Pelayanan Prima, Mengutamakan Kepentingan Masyarakat dan Bekerja Dengan Hati” sehingga mempu mengembalikan citra positif pemerintahan yang selama ini identik dengan “KKN”. Pemerintah juga diharapkan memiliki komitmen untuk membangun perekonomian khususnya di Ibukota Kabupaten yang baru. Memang, butuh pengorbanan yang tidak sedikit dalam proses pemindahan ini, terutama pegawai pemerintahan yang hampir mayoritas berdomisili di wilayah Pematang Siantar. Jarak Pematang Siantar ke Pematang Raya sekitar 30 km, sehingga butuh waktu 30-45 menit untuk sampai di Pematang Raya. Kondisi ini tentunya sangat mempengaruhi mobilitas pegawai yang bersangkutan sehingga secara langsung juga akan sangat mempengaruhi tingkat kehadiran pegawai dalam melaksanakan tugasnya. Namun, tentunya dalam hal ini pemerintah daerah telah mempunyai pemikiran yang matang dalam membuat payung kebijakan sehingga proses pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Karena apapun namanya, untuk menjadi lebih baik tentunya ada yang harus dikorbankan. Mari kita dukung RAYA menjadi ibukota Kabupaten Simalungun. Jadi Ma Hita Jadi Tuan I Rumah Sandiri.

21 Responses to “Pemindahan Ibukota Kabupaten Simalungun”


  1. 1 parlin Mei 6, 2008 pukul 1:02 pm

    mengingat telah beberapa kali pemerintah kabupaten simalungun tidak memenuhi janji,,maka kita sebagai warga/masyarakat simalungun sangat mengharapkan nantinya bulan juni 2008 hal perpindahan ibukota ini benar-benar terjadi.
    karena, jika tidak, maka nama baik kabupaten simalungun akan tercemar, dan akan banyaknya protes akan hal ini.

    mudah-mudahan juga presiden nantinya bisa hadir dalam peresmian gedung baru ini…….

    horas simalungun,,maju terus simalungun…………..

  2. 2 janchrisdo damanik Agustus 11, 2008 pukul 1:20 am

    Horas SIMALUNGUN. SELAMT ATAS PERPINDAHAN KABUPATEN SIMALUGUN. SEMIGA KEDEPANNYA DENGAN PERPINDAHAN INI PELAYANAN PRIMA BISA BETUL-BETUL TERWUJUD APALAGI DIDUKUNG OLEH KONSEP PERKANTORAN YANG TERSENTRALISASI. HORAS

  3. 4 Hartono Agustus 29, 2008 pukul 2:08 pm

    saya mau tanya ad g lowongan kerja di pemkab simalungun.

  4. 6 Sardo Sipayung September 1, 2008 pukul 9:19 am

    saya mau tanya kapan ada lowongan kerja pemkab simalungun tlng ya infonya kalau ada info lowongan kerja, thanks

  5. 7 garama parraya November 14, 2008 pukul 6:33 am

    horas..
    malas tumang uhur tene..doma jadi pindah kantor hu raya…
    ase riap ma hita haganup,marsada mambangun huta ta in tene

    maju torus simalungun

  6. 8 ramel Purba Juni 15, 2009 pukul 11:14 am

    yah, terimakasih dan selamat atas pindahnya kota simalungun ke PEMATANG RAYA, dan marilah simalungun berjuang supaya maju. dan saya berharap peminpin simalungun itu adalah orang/warga SIMALUNG ASLI, knapa? karna yang tau simalungun itu adalah WARGA SIMALUNGUN itu sendiri. sekalian kalau ada lowongan di PEMKAB simalungun atau sejenisnya. tolong kirimkan infony ke email saya: ramel_purba@yahoo.com.saya lulusan d3 mesin dngn ipk 3,29. terimakasih horas simalungun, etah hita laho mambangun simalungu janah ulangbe pot hita tading bani nalegan, horas, horas, horas…..maju simalungun pakon habonaron do bona.

  7. 9 ramel Purba Juni 15, 2009 pukul 11:16 am

    yah, terimakasih dan selamat atas pindahnya kota simalungun ke PEMATANG RAYA, dan marilah simalungun berjuang supaya maju. dan saya berharap peminpin simalungun itu adalah orang/warga SIMALUNGUN ASLI, knapa? karna yang tau simalungun itu adalah WARGA SIMALUNGUN itu sendiri. sekalian kalau ada lowongan di PEMKAB simalungun atau sejenisnya. tolong kirimkan infony ke email saya: ramel_purba@yahoo.com.saya lulusan d3 mesin dngn ipk 3,29. terimakasih horas simalungun, etah hita laho mambangun simalungu janah ulangbe pot hita tading bani nalegan, horas, horas, horas…..maju simalungun pakon habonaron do bona.

  8. 10 Rekson Simanjuntak September 12, 2009 pukul 1:47 pm

    pemindahan ibukota kabupaten simalungun semata-mata percepatan pembangunan lebih cepat lebih baik

  9. 12 Rekson Simanjuntak September 12, 2009 pukul 1:49 pm

    semoga lebih cepat berkembang dan masyarakat lebih terlayani

  10. 13 armanson saragih sumbayak Oktober 7, 2009 pukul 1:14 pm

    Au parbulu pange Merek raya tading sonari i Perbatasan Serawak Kuching Malaysia malas tumang uhurhu manangar hut kai martambah maju horas ma hubanta haganupan halak simalungun agepe ija nassian marianan tene

  11. 14 Sarijon Oktober 25, 2009 pukul 10:00 am

    Horas simalugun..
    Saya mau taya kapan ada penerimaan cpns simalugun..
    Begitu saja..
    Horas simalugun..

  12. 15 armanson saragih sumbayak Oktober 28, 2009 pukul 1:45 am

    parhutailing na marranto hu kalimantan pahupponi tuan kaduk raja raya .Goran hu anton sumbayak lengkapni Armanson Saragih Sumbayak bona ni Gondrang.asal hutaku Bulu pange City (kampung) baru. Alamat : Jalan Raya Malindo Kec.Sekayam Desa kenaman Kab.Sanggau kalimantan Barat.

  13. 16 David Dewantara Purba Desember 6, 2009 pukul 11:33 am

    Terus Berjuang Simalungun ku

  14. 17 annel girsang Juni 29, 2010 pukul 3:23 am

    Malas uhur aima nadob Pematang Raya gabe ibu kota Kabupaten Simalungun. Tapi nasiam bapa inang, namaposo tarlobih namarianan
    iraya on, ase Pangindoan Ulangma ibahen nasiam Raya on gabe ” SIANTAR PADUAHON”.Naima saran nami “Diatei Tupama Hubanta Ganup”

  15. 18 MARJANJI JANJI.HT Juli 23, 2010 pukul 4:38 pm

    SECEPAT NYA SAJA PEMEKARAN INI DI LAKSANA KAN? JNG TNGGU SMPAI KIAMAT??????

  16. 19 annel girsang Juli 24, 2010 pukul 8:24 am

    Horas ma batta haganupan ! Taringat hubani pemekaran Simalungun`sondahan on buei itaringati hita namerasa memiliki janah dihut ibagas lingkup hasimalungunon, tapi sonaha maningon boi do asal mekar tanpa adong proses? janah namalaksanahon proses ai ise halakni? Atap domma sada bahasa naberkompeten pasal ai? Halani pangahap nami anggo iarapkon hita do nalaho mangurus ai , tanpa adong hasadaon sisoya doai. Halani pitah hasadaon mancalon Bupati pe lang adong, boi do calon piga piga halak namarmarga sarupa, tontu holi marbagima suara, dobni monangma halak nalegan.Tarsonaima hita nalang adong hasadaonta, apalagi simalungun terdiri dari 31 kecamatan naterbanyak diseluruh Indonesia, tapi lalap lang mekar. Anggo iibaratkaon artani sada orangtua halani bueini lalap lang ibagi hubani niombahni hataonkon 2 halak, harudo holi tarjadi parsalisihan, halani orang tua ai ra martangan pudi, sonai homado pembangunan tarmasuk dalan huhutanta siantar- Saribudolok, mulai tubu au 59 tahun nasalpu lape ongga dear. Jadi aima otik buah pikiran humbakku. Diatei tupama. Horas!

  17. 20 daniel saragi siadari_pop Oktober 8, 2010 pukul 4:19 pm

    horas !!!!
    kampung ku huta bayu raja smoga engkau jadi kampung yg membanggakan di kabupaten simalungun!!!!
    HORAS….


  1. 1 comeseeetheldoris.org Lacak balik pada Oktober 30, 2016 pukul 3:57 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Kategori

Top Clicks

  • Tak ada
April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

RSS Kompas

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Info Lowongan BUMN

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Galeri Foto

Seminar

Lebih Banyak Foto

Anda Pengunjung Ke

  • 76,808 hits

%d blogger menyukai ini: